Senin, 13 Maret 2017

zz


Usaha modal kecil merupakan sebuah alternatif dari pekerjaan tetap. Pekerjaan tetap adalah suatu hal yang dinanti-nantikan oleh semua orang. Namun, di samping, mereka juga ingin memiliki usaha yang bisa memberikan hasil tambahan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Apalagi jika gaji dari pekerjaan tetapnya itu kurang bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Oleh karena itu banyak tawaran dari koperasi-koperasi dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing menawarkan pada mereka. Dari tawaran yang masuk kita bisa menyeleksinya mana koperasi yang memberikan bunga kecil mana yang menjerat dengan bunga besar. Tak masalah yang penting usaha modal kecil yang menguntungkan dapat kita jalani. Nantikan lama-lama juga akan berkembang, bukan?

Usaha modal kecil
Namun, tak selamanya usaha dengan modal kecil itu menjanjikan. Karena banyak kasus hanya memiliki modal kecil kita tidak bisa membeli alat-alat yang bisa mendukung kita untuk melakukan usaha atau bisnis. Misalnya saja pada beberapa kasus usaha rumahan dengan modal kecil mengalami gulung tikar. Mereka mengeluhkan kekurangan modal untuk membeli alat-alat teknologi serta membayar tenaga kerjanya. Meskipun modal awalnya mereka sudah meminjam tapi tetap masih kurang dan apa yang mereka sudah targetkan tidak sesuai dengan kenyataannya. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa usaha modalkecil yang menjanjikan itu tergantung dari kegigihan dari masing-masing orang yang melakukan usaha.

Nah, untuk itu bagi orang-orang awam yang ingin melakukan sebuah usaha dari modal kecil timbul sebuah pertanyaan, bagaimana melakukan usaha modal kecil tapi menguntungkan? Pertama, kita harus bisa memperhitungkan modal dan pemakaian modal kita itu. Kita harus melihat segmen pasar dari produk usaha kita. Ketiga, tekan pengeluaran-pengeluaran yang menghabiskan banyak anggaran. Keempat, lakukan sebuah promosi-promosi yang menarik pembeli atau konsumen. Kelima, lakukan usaha yang sekreatif dan seinovatif mungkin agar orang-orang tertarik dan membeli produk kita. Misalnya saja dari usaha bakso daging ayam dengan isi keju, kita bisa melakukan promosi kepada mahasiswa-mahasiswa beberapa kampus.
 
Dengan melakukan usaha-usaha yang disebutkan di atas kita bisa membuktikan bahwa usaha modal kecil untung gede itu sangat mudah dilakukan. Asal ada kemauan dan kegigihan dari kita. Semua usaha itu akan berhasil dan meskipun dengan modal yang kecil kita mampu bersaing dengan usaha-usaha yang memakai modal besar. Seperti yang sudah disebutkan di atas kreativitas juga sangat mempengaruhi usaha kita untuk dilirik oleh konsumen. Jadi tak ada bedanya bukan usaha modal kecil dengan usaha dengan modal besar, jika usaha modal besar tersebut tak bisa sekreatif usaha dengan modal yang kecil? Ya, untuk itu janganlah ragu untuk memulai bisnis atau usaha karena hanya memiliki modal yang kecil. Karena dengan keyakinan pasti semuanya akan berhasil apalagi dilakukan dengan kegigihan diri kita.
ADS 336 akhir posting
Bagikan :
Rating :5/ 5
Di Tulis Oleh :

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.