Kamis, 23 Maret 2017

zz


Pada artikel berikut ini kami akan membahas mengenai cara ternak burung perkutut baik itu perkutut bangkok maupun perkutut putih. Burung perkutut sendiri merupakan jenis burung yang banyak digemari oleh para penghobi burung. Burung perkutut juga sering diikut sertakan dalam perlombaan burung berkicau. Untuk ternak burung perkutut bangkok sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak begitu jauh berbeda dengan ternak burung kicauan lainnya. Namun anda juga harus mengetahu apa saja yang diperlukan dalam beternak burung kicauan ini karena seringkali muncul kendala apabila anda kurang begitu paham mengenai karakteristik burung perkutut bangkok. Ingat selain kualitas suara anda juga harus memperhatikan kondisi fisik dari burung perkutut bangkok itu sendiri.

cara ternak burung perkutut
Mengenai cara ternak perkutut bangkok yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu adalah memilih indukan perkutut yang baik. Ciri-ciri indukan yang baik secara umum yaitu bentuk badan bongkok dan agak panjang, paruh lurus serta bagian bawahnya tebal, bentuk matanya lebar dan tajam, sisik kaki rapi, bentuk lubang hidung sempit serta lurus, bentuk batok kepala beraprit dalam dan agak panjang, rongga suaranya besar, supit renggang juga tebal lalu yang terakhir warna bulunya cerah. Untuk pejantan usahakan memilih burung perkutut bangkok yang suaranya cukup bagus dan rajin berbunyi agar keturunannya juga memiliki suara yang bagus dan mendekati suara induk jantannya tersebut.

Selain memilih indukan dalam ternak burung perkutut bangkok ini anda harus memperhatikan juga kandang perkutut ternak. Kandang yang digunakan haruslah nyaman untuk burung perkutut itu sendiri jadi sesuaikan bentuk dan ukuran kandang supaya burung perkutut masih bisa terbang dan mengepakan sayap secukupnya di dalam kandang. Perhatikan juga letak posisi kandang jangan sampai anda meletakkan kandang di ruangan yang tertutut dan tidak terkena sinar matahari langsung. Usahakan letak kandang berada di tempat yang terbuka supaya mendapatkan sinar matahari langsung. Ukuran kandang yang ideal yaitu tingginya 160-180 cm, panjang 125-150 cm dan lebar 60-90 cm.

Selain burung perkutut bangkok anda juga bisa mencoba ternak burung perkutut putih. Untuk perawatan dan penanganannya tidak jauh berbeda dengan burung perkutut bangkok. Supaya burung perkutut putih tersebut tetap sehat maka harus mendapatkan sinar matahari yang cukup lalu tidak terlalu banyak terkena angin dan air minumnya harus selalu bersih. Hanya saja untuk penangkaran burung perkutut putih memang tidak mudah sebab burung perkutut putih cukup langka dan tidak terlalu banyak yang menternakannya. Perkutut putih yang dikawinkan dengan perkutut biasanya hanya 50% keturunannya bewarna putih. Namun jika anakan tersebut saling dikawinkan maka peluang menghasilkan anakan perkutut putih semakin besar. Sekian informasi mengenai cara ternak burung perkutut.
ADS 336 akhir posting
Bagikan :
Rating :5/ 5
Di Tulis Oleh :

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.