Kamis, 23 Maret 2017

zz


Kali ini kami akan memberikan sejumlah informasi kepada anda mengenai cara ternak burung kenari. Seperti yang anda ketahui burung kenari merupakan burung kicauan yang diminati banyak orang terutama penggemar burung kicauan. Tidak jarang burung kenari seringkali diikutkan dalam perlombaan. Pertama-tama kami akan membahas mengenai ternak burung kenari merah. Sebelumnya anda harus mengetahui bagaimana cara membedakan mana burung kenari merah asli dengan yang palsu. Mengingat harga burung kenari merah yang cukup tinggi tidak heran ada oknum penjual nakal yang membuat burung kenari merah abal-abal dengan memakai cairan kimia atau zat pewarna lainnya supaya burung kenari tersebut memiliki warna merah.

Untuk membedakannya anda bisa mengecek bagian tangkai bulu atau bagian-bagian tertentu seperti paruh dan kaki. Apabila warna merahnya terlalu tajam dan cenderung luntur maka warna merah tersebut berasal dari cairan pewarna. Cara kedua yang paling mudah bisanya burung kenari merah yang asli dijual dengan memakai ring sebagai bukti identitas peternak jadi usahakan untuk membelinya lansung dari peternak atau penjual burung yang terpercaya. Dalam budidaya burung kenari merah anda harus memperhatikan jenis pakan yang digunakan karena dalam ternak burung kenari merah ini yang menjadi target utama adalah mendapatkan warna merah yang jelas. Untuk itu anda bisa memberikan pakan yang mengandung beta carotene yang bermanfaat merangsang pigmen warna merah pada bulu kenari. Tomat, labu, wortel, brokoli dan cherry merupakan jenis buah dan sayuran yang mengandung beta carotene.

ternak burung kenari
Salah satu sentra ternak kenari yang cukup terkenal yaitu sentra ternak burung kenari di Bandung. Umumnya mereka beternak burung kenari F1, F2, F3 dan Yorkshire. Bagi anda yang masih awam mengenai burung kenari tentu akan bingung maksuk dari burung kenari F1, F2 dan F3. Arti dari burung kenari F1 yaitu burung kenari tersebut dihasilkan dari persilangan dua kenari yang berbeda contohnya burung kenari F1 YS adalah burung kenari hasil persilangan antara kenari lokal dengan kenari jenis Yorkshire. F sendiri berasal dari singkatan Filial yang berarti keturunan. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam ternak burung kenari secara umum yaitu mulai dari usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang lalu proses perjodohan dan proses ternak. Usia terbaik dalam beternak burung kenari yaitu 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan. Untuk membedakan jenis kelamin bisa dilihat dari ukuran tubuh. Burung kenari jantan memiliki tubuh yang cenderung ramping serta lehernya agak pajang sedangkan burung kenari betina bentuk tubuhnya lebih bulat. Pastikan juga lokasi kandang ternak aman dari gangguan serangga seperti semut dan juga tikus karena dapat membunuh burung kenari.
ADS 336 akhir posting
Bagikan :
Rating :5/ 5
Di Tulis Oleh :

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.